Wabah Sakit Mata

Disamping wabah flu burung, ternyata sekarang ini lagi wabah sakit mata. Dalam beberapa minggu ini banyak tetangga sekitar yang sakit mata. Mata memerah, berair, kotor, kadangkala bengkak, dan kalau dibuat sujud, mata terasa seperti copot. Bahkan tetangga saya ada yang menjadi parah karena keliru mengambil obat. Disangka tetes mata ternyata Kalpanax, obat sakit panu.

Ketika saya menelephon ibu di Kabupaten Trenggalek, katanya disana juga lagi musim sakit mata.

Hari minggu anak saya tertular tetangga yang sering main kerumah. Tapi Alhamdulillah hanya dengan di visine sehari sudah sembuh, katanya anak-anak memang lebih cepat sembuh dibanding orang tua. Tapi ibunya tertular, dan senin sore mata saya terasa mengganjal, dan benar saya juga tertular. Hari Senin saya masih masuk kerja, tapi sampai di rumah kondisi istri menjadi sangat parah, berair terus, dan karena bengkak maka matanya menjadi sangat sipit. Lantas kami berdua pergi ke dokter.

Dokter mengatakan bahwa penularan penyakit seperti ini adalah melalui udara, jadi salah jika hanya dengan berpandangan saja lantas kita jadi tertular, apalagi jika hanya dengan bercermin maka sakit bertambah parah. Kami diberi amoxilin (Antibiotik) yang tidak pernah saya minum karena pernah badan gatal-gatal sehabis meminum Amoxilin. Obat yang lain adalah obat tetes “cendo XITROL”. Obat tetes dalam kemasan yang hanya 5 ml ini saya beli di apotik seharga Rp. 29.000,-. Pemakaiannya dengan diteteskan ke mata 5 kali satu tetes sehari. Sehabis diteteskan dipejamkan lima menit.

Menggunakan obat tetes ini sakit mata istri saya berkurang, mungkin karena parahnya sudah melewati titik kulminasi, tetapi untuk mata saya lain, besuk harinya tambah bengkak. Mata yang sudah sipit semakin susah dibuka dan saya izin sampai dua hari karena hal ini.

Kalau bisa lakukan pencegahan sebelum sakit mata, karena jika anda terkena, akan sangat menyusahkan.


  • pepenk6911

    parah,mataku tambah parah rasanya mau copot,cari boorwater di apotik udah nggak ada?terpaksa pake daun sirih.

  • afrin

    bagaimana dengan mata yang kemasukan pasir dan debu..? apakah bisa menyebabkan sakit mata..? bagaimana cara mengeluarkan pasir dan debu tersebut dari mata..?

  • http://achedy.penamedia.com achedy

    #5. Mungkin bisa pakai boorwater

  • ade

    pakai sofradex jga bisa

  • noor

    iya,aku 3 hari ga msk kerja gara” mata

  • Vic

    Wah pak, sekarang saya lagi terkena sakit mata.
    Kemungkinan lebih parah, karena dibarengi flu (ditunggangi virus). Mata jadi merah, dan membengkak hingga mata menyipit, diiringi keluarnya air dan kotoran mata, dan kalau digunakan membungkuk kedua mata sakitnya bukan kepalang.
    Beberapa rekan menyarankan penggunaan Cendo Xitrol, dan saya juga telah menggunakannya dengan ‘agresif’. Belakangan saya ketahui penggunaan Cendo Xitrol secara berlebihan sebaiknya dihindari karena obat ini mengandung steroid dan dapat menimbulkan efek samping yang cukup besar, seperti glaukoma.
    Akhirnya saya gunakan antibiotik Chlorampenicol. Efek penyembuhannya rasanya cukup lambat, namun kelihatannya cukup aman.
    Ada saran lain, pak?

  • naufal

    menurut dokter tempat saya periksa.untuk pemakaian cendo xitrol sebaiknya atas petunjuk dokter.hal ini dikarenakan penyakit mata bisa diakibatkan karena virus dan kuman yang banyak macamnya.Dari diagnosa dokter,maka si pasien akan diberi obat yang tepat untuk kasus penyakit mata yang dialami nya.Kebetulan saya diberikan obat tetes,dari cendo juga,namanya “cenfresh”.dan obat “imuno” untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.mohon di koreksi,apabila ada kesalahan.

  • fira

    wah..kirain di daerah aku aja yang mewabah. ternyata engga.
    tadinya aku ngetawain si adek gara gara matanya bengkak. eh, sekarang malah aku yang kena sendiri.mataku uda cipid tambah ga bisa liat nui. haha :p
    ini aja sampe ngga masuk sekolah, makanya browsing, ga ada kerjaan.
    hehe…

  • suparjan hamzah

    saya juga sekarang lagi dapat…..! untuk anti biotiknya saya minum supertetra,,tapi saya belum coba dgn namanya obat tetes cendo citrol…….?

  • Lies

    aku juga lagi sakit mata neh…
    teman ditempat kerja semua kebagian. awalnya cuma perasaan ada yang ngeganjal dimata. aku coba tetesin Xindrositol terasa perih dan lama kelamaan mata menjadi merah dan berair. aku coba tetesin lagi dan minum obat cina “Ming Mu”. awalnya lumayan tidak merah, tapi masih ngeganjal. tapi sekarang bengkak dan merah lagi. bangun tidur mata sampai tidak bisa dibuka. aku buka pakai kapas campur air anget.
    ada saran lagi gak aku harus ngapain lagi..?
    aku belum kedokter sih, karen katanya obat yang diberikan ya itu – itu aja.
    tHx_Lies

  • kinoy

    Aduh..

    Aku sekarang lagi sakit mata nih, malah sudah 1 rumah kena semua yang paling para adalah bapak ku.. aku tidak kedokter mata hanya pakai cendoxitrol dan y-rins aja alhamdulilah aku sudah lumayan tinggal gatal-gatal nih mata kata suamiku sih mau sembuh…

  • smallest87

    Kami, atas nama karyawan MalangTV…..

    Terjadi wabah sakit mata bos……….

  • ian

    saya terkena sakit mata dan saya mengunakan visin dan cindo xetrol secara bergantian….

    apakah dengan saya melakukan itu akan mendapatkan efeksamping…?
    apakah dengn pemakian visin da cedo xitrol secarabergantian… dapat mengakibat kan.. Glauma…/ kebutaan??

    mohon berikan saran untuk mencegah efeksamping tersebut,,,??

    mohon petunjuk nya,… saya sangant membutuhkan sekali infor masi ini…

    terimakasih

  • Riska

    well, yeah saya juga kena awalnya sebelah sekarang dua-duanya, sekarang agaj mendingan tapi mata masih kelihatan bengkak…
    mungkin ini pertanda kita harus mengendalikan pandangan mata kita…

  • dwirahmat

    ow, saya sekarang kena!!!
    sore kena langsung pake visine, malam tidur, bangun2 udah sipit sebelah. solat subuh gak pake sujud.

  • heru

    saya juga kena nih…

  • herawati

    Saya juga kena sakit mata sekeluarga, yang kasihan anak saya umur 1.5 tahun, mata merah pertama terasa ada yang mengganjal, dan mengeluarkan kotoran mata, setelah itu pada pelupuk mata tebal seperti berair, dan sipit saya ke dokter yang dikasih adalah Cendo xitrol, asam metafamat tapi masih ada aja sakit

  • herawati

    Apakah cendo xitrol bisa menyebabkan Kebutaan ababila sering digunakan walaupun kita bukan kena bawah sakit mata? karena saya sering kasih obat tetes mata (cendo xitrol) untuk mata yang kecapean? karena saya seharian bekerja di depan computer?

    Ada nga obat sakit mata yang aman dipakai, karena saya takut juga kalau pakai oabt tetes mata secara rutin bisa menyebabkan kebutaanj

  • achedy

    #HERAWATI. Kalau masalah seperti itu tanyaan saja ke dokter mbak, saya nggak mengerti.

  • ika

    Sudah seminggu lebih saya kena sakit mata, saya tdk kedokter tp hanya dtp referensi dr teman pakai cendro xitrol, baru 2 kali pakai tp ngeri krn takut salah obat, akhirnya pakai rebusan daun sirih, tapi tetep ngga membaik juga. Skr ini bagian mata saya yg warna putih sudahberganti warna MERAH semua. Saya khawatir tdk bisa balik ke warna semula nih, mungkin ga ya? secara umum pengelihatan sih tidak ada masalah. Tapi saya mau coba ke dokter hari ini. Please solution.

  • koko

    saran aja…ada yang tau “Klorofil” ? cairan ijo yg dari ekstrak daun gitu…saya wkt sakit mata pake itu ditetesin dimata n cepet sembuh. thanx

  • tiwi

    aduh..saya jg kena ni..malahn smwa anggta klwrgakyu kena jga..huhuhu sebel…
    dah hari k 4 tp ko blm smbh total, msh ada mrahnya sperti mata yg pendarahan..
    sblumnya mata saya ga sengaja kecipratan H2SO4 mktu aya lagi praktikum, dgernya jga nyeremin ya…pdhal cma se iprit tpi perihnya + degdegannya yang segambreng

  • tiwi

    oya lupa..solusinya akhirnya saya pergi k spesialis mata. mata saya dipakein borwater dan alhamdulihhahnya H2SO4 nya menggumpal truzz disemprot pake cairan gt dan alhamdulillah dah bisa buka mata lagi.heheh…..truz dikasih obat cendo 2 macem gtu warna kuning n biru + tablet..ya lumayan 2 hari matanya dah putih..berarti pemakaian cendo memang harus sesuai petunjuk dokter SPESIALIS MATA jgan ngasal pake aja karena klo asal make aja efeknya besar bangeeet tauuuu dikarenakan dosisnya yang lumayan tinggi. makacie

  • fusuy

    iya nih w juga kena
    di daerah w di ciledug lagi wabah nih
    Parah dah
    bagian mata yg putih udah me merah
    T.T pengen nangis dah….!!!!!